JENIS BURUNG BEREKOR PANJANG




Dunia burung memang memiliki macam dan jenis serta kekhasan yang sangat beragam. Ada burung yang khas dengan kicauannya yang merdu, kicauan yang panjang dan melengking dan ada juga dengan kicauannya yang mengalun. Ada jenis burung yang memiliki keistimewaan dari warna bulunya yang indah dan beraneka warna dan ada juga burung yang terkenal karena keganasannya seperti burung rajwali dan burung condor atau burung bangkai. Berikut ini adalah beberapa jenis burung yang memiliki keistimewaan dengan ekornya yang panjang dan indah.



Burung Ekor Panjang: Long-tailed Paradise

Jenis burung ekor panjang Long-tailed Paradise yang bisa memiliki ekor sepanjang 36 cm, warna burung ini memiliki ciri khas yang didominasi oleh warna hitam mulai dari kepala sampai ekor, sedangkan pada bagian tubuh dan sebagian lehernya memiliki warna lain. Dengan warnanya yang hitam maka burung ini terlihat gagah, ekornya yang panjang bak ekor pada baju pengantin.



Jenis Burung Ekor Panjang: Resplendent Quetzal

Resplendent Quetzal ini juga memiliki ekor yang sangat panjang bisa mencapa setengah meter lebih. Ciri pada bulu burung Resplendent Quetzal di dominasi oleh warna hijau mengkilap dari kepala hinga ujung ekornya, kecuali pada bagian ujung sayap dan dadanya. panjang ekor dari burung Resplendent Quetzal jantan bisa mencapai lebih dari 66 cm. Hanya saja untuk ekor panjang pada jenis burung ini hanya ada beberapa helai bulu saja.



Burung Ribbon-tailed Astrapia


Inilah salah satu jenis burung dengan ekor panjang yang hampir mencapai 1 meter pada saat dewasa. Burung jenis Ribbon-tailed Astrapia yang memiliki panjang ekor lebih dari 90 cm. burung Ribbon-tailed Astrapia dapat ditemukan di bagian barat pegunungan papua nugini.



Burung Kicau Yang Berekor Panjang: Burung Murai Batu


Burung murai batu memiliki panjang ekor lebih dari 30 cm akan tetapi tidak semua burung murai batu bisa memiliki ekor yang sangat panjang ada juga burung murai batu yang panjang ekornya hanya mentok di kisaran 17 cm, sedangkan murai batu yang punya ekor panjang pada umumnya di sebut dengan murai medan, murai malaysia, murai singapur dan juga murai tahiland. Jadi selain khas dengan kicauannya yang merdu, burung murai batu jenis tertentu juga memiliki keistimewaan dengan panjang ekornya.



Burung Indah dengan Ekor Panjang: Burung Merak india

Burung yang terkenal dengan keindahan ekornya adalah burung merak yang lebih banyak hidup didaratan sedangkan burung indah yang menguasai bagian atas hutan adalah burung cenderawasih. Jenis burung merak tertentu ternyata memiliki ekor yang sangat panjang bisa mencapai 2 meter. Salah satunya adalah burung merak biru / merak india berdasarkan informasi dari wikipedia panjang tubuhnya dapat mencapai sekitar 2 meter lebih, dengan ukuran tubuh yang lumayan besar burung merak india juga memiliki ekor yang bisa dikatakan sangat panjang, selain panjang motif bulu pada ekor burung merak ini juga sangat indah bahkan bulu ekor merak yang sudah lepas bisa di jual dengan harga yang cukup menarik. Burung merak memang sudah lama digunakan sebagai simbol keindahan dan juga simbol kesakralan seperti di India, lihat saja cerita krisna tokoh dari india yang saat masih kecil menggunakan bulu merak sebagai hiasan di kepalanya.



Burung Ekor Panjang Unik: Burung Lady Amherst’s Pheasant


Burung ini memiliki ekor yang panjang dengan motif bulu yang unik dan khas. Jenis burung Lady Amherst’s Pheasant ini panjang ekornya bisa lebih dari 80 cm akan tetapi pada umumnya yang memiliki ekor panjang hanyalah burung yang berjenis kelamin jantan. Berasal dari china (tiongkok) di bagian barat daya dan juga bisa ditemukan di burma. Lihat saja warna dan motif pada ekor burung ini yang mirip dengan motif batik lurik pada kain batik Jawa. Unik bukan?



Burung Sakabula (The Long-tailed Widowbird)


Salah satu ciri utama burung ini adalah warna hitam pada sekujur badan dengan sedikit warna orange pada pangkal bulu bagian atas. Jenis burung ini memang dominasi oleh warna hitam pekat ini merupakan burung yang berasal dari benua afrika, burung sakabula ini bisa memiliki ekor dengan panjang 3 kali dari panjang badan yang dimilikinya, sakbula jantan bisa memiliki ekor dengan panjang sekitar 50 cm, dan menurut penelitian burung sakabula betina akan memilih burung sakabula jantan yang memiliki ekor panjang.



Jenis Burung Mungil dengan Ekor Panjang: Red-tufted sunbird (Nectarinia johnstoni)

Red-tufted sunbird atau disebut juga sebagai scarlet-tufted sunbird memiliki wilayah penyebaran di Kenya, Uganda, Malawi, Kongo, Tanzania, Rwanda, dan Zambia. Jadi, spesies ini hanya ada di Afrika. 

Panjang tubuhnya luar biasa, yaitu sekitar 27 cm (termasuk ekor), lebih panjang daripada spesies burung-madu lainnya. Tetapi hanya burung jantan yang memiliki tubuh sepanjang itu, karena panjang tubuh burung betina rata-rata hanya 14 cm. Burung jantan mempunyai mahkota berwarna hijau. Sisi kepala dan lehernya berwarna hitam. Adapun tubuh bagian atas berwarna hijau metalik. Jenis burung mungil lain yang memiliki ekor panjang adalah Malachite sunbird (Nectarinia famosa).



Malachite sunbird bisa ditemukan di dataran tinggi Ethiopia hingga Afrika Selatan. Panjang tubuh burung jantan bisa mencapai 25 cm (termasuk ekor). Adapun panjang tubuh burung betina hanya sekitar 15 cm. Dalam kondisi breeding, bulu–bulu burung jantan didominasi warna hijau metalik, sayapnya hijau kehitaman, dan terdapat bercak-bercak kuning di bagian dadanya. Dalam kondisi non-breeding, warna bulunya cenderung cokelat.

*

Post a Comment (0)
Previous Post Next Post